Senin, 16 Januari 2023

MASRUROH AJARI MENULIS CERPEN UPGRADE PENGETAHUAN ANGOTA JURNALISTIK MEWANGI

JME-Cerpen. Bertempat di Laboratorium IPA, Jurnalistik MAN 4 Banyuwangi kembali laksanakan pelatihan menulis cerpen dimana sebelumnya Kegiatan yang digawangi Susanto Guru Kimia menggelar pelatihan menulis Berita Website dan menulis opini. Kegiatan yang dilakukan hari ini (17/1/2023) selepas kegiatan Pembelajaran sebagai narasumber adalah Siti Masruroh, S.Pd guru yang sehari-hari di MAN 4 Banyuwangi mengajar mata pelajaran Aqidah Akhak. Kepiawaian guru ini tidak diragukan lagi, guru yang juga alumni MAN 4 Banyuwangi ini mengisi kolom cerpen pada majalah Mercure kebanggan MAN 4 Banyuwangi dan telah menulis buku fiksi berjudul Kutitip Rindu untuk Ayah yang menjadi salah satu koleksi Perpustakaan Al Ichsan di MAN 4 Banyuwangi. Banyak Kumpulan Cerpen yang telah dibuat menjadikan guru dengan satu anak ini sebagai salah satu guru penulis handal di Madrasah Negeri termuda ini.

Jurnalistik MAN 4 Banyuwangi yang dikenal dengan sebutan JME baru 2 minggu terbentuk tetapi beberapa karya-karyanya sudah banyak wira-wiri di Website Madrasah www.man4banyuwangi.sch.id berupa tulisan berita maupun tulisan opini anggota jurnalistik. Bahkan Komunitas Jurnalistik MAN 4 Banyuwangi ini telah memiliki media online sendiri untuk mempublikasikan tulisan-tulisannya yakni www.jurnalistikmewangi.blogspot.com.

Kegiatan sore ini tampak seru, materi disajikan dengan menarik dan baik sehingga peserta pelatihan tampak serius dan antusias mengikuti kegiatan. Pelatihan Jurnalistik model workshop yang dilakukan sangat efektif, karena model seperti ini pasca pelatihan, peserta langsung mempraktekkan dan membuat produk, dimana produk yang dihasilkan langsung di publikasikan di website madrasah dan media online (webblog) yang di miliki komunitas Jurnalistik ini. Begitupun pada pelatihan menulis cerpen kali ini, siswa akan membuat cerpen yang nantinya akan di publikasikan cerpen yang telah di buat pada website madrasah dan webblognya bahkan kalau memungkinkan ke media cetak Koran.

Susanto selaku Pegiat Literasi sekaligus Pembina Jurnalistik di MAN 4 Banyuwangi merasa bangga terhadap pencapaian yang diperoleh anak didiknya meskipun komunitas jurnalistik ini masih berumur jagung, tulisan tulisan berita dan opini yang dibuat anggota jurnalistik telah menunjukkan kualitas yang baik, meskipun beberapa masih perlu proses dan banyak latihan, ia berharap literasi di Madrasah termuda dibanyuwangi ini terus berkibar dan menggelora. Ditambah lagi dukungan Imam Syafi’i Kepala MAN 4 Banyuwangi yang terus memberikan dorongan moril dan material terhadap peningkatan gerakan literasi dimadrasah. Imam Syafi’i berharap bukan hanya komonitas ataupun kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik sebagai bentuk wadah literasi tetapi literasi sebagai budaya dan pembiasaan baik pada guru maupun siswa. Yang dikemudian hari akan muncul ide, pemikiran dasyat berupa tulisan atau buku dan karya literasi. MAN 4 Banyuwangi menjadi Mercusuar bersama Hembusan Angin Literasi. BRAVO MEWANGI....(*S.Chimi)

 

*Penulis adalah Guru Kimia di MAN 4 Banyuwangi, Fasilitator Provinsi Jawa Timur Program PKB Mapel Kimia, Pembina Jurnalistik, Blogger dan Content Creator pada Channel Youtube CHIMI ID

Tidak ada komentar:

Posting Komentar