Selasa, 17 Januari 2023

KESERUAN IDENTIFIKASI LARUTAN ASAM BASA BELAJAR KIMIA LEBIH NYATA

MAN 4 Banyuwangi-Praktikum. Selasa, 17 Januari 2023 Siswa kelas 11 Mipa 1 MAN 4 Banyuwangi melakukan praktikum kimia, yaitu mengidentifikasi larutan. Praktikum kali ini  ini sesuai dengan materi pada bab Asam Basa Semester 2 kelas 11 yang diajarkan oleh guru kimia Bapak Susanto, S.Pd. guru kimia di madrasah ini. Sebelumnya, kelas Mipa yang lain khususnya kelas 11 juga melakukan praktikum kimia yang sama. Setiap kelas akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan praktikum ini, yang berisi empat sampai lima siswa.

Pada Pertemuan hari ini, banyak sekali larutan di sekitar lingkungan yang di akan diidentifikasi untuk mengetahui sifat asam atau basanya, mulai dari air kelapa, air laut, cuka, air hujan, minuman bersoda, air kapur dan masih banyak lagi. Metode yang digunakan untuk menguji identitas larutan adalah menggunakan kertas lakmus dan indikator universal. Alat-alat ini sudah disediakan cukup di laboratorium MAN 4 Banyuwangi. Jadi, setiap kelompok tidak perlu bergantian untuk menggunakannya.

Selain menguji sifat asam basa siswa juga diminta menguji pH larutan dengan Indikator Universal. Di akhir praktikum siswa diminta membuat laporan dan analisis kegiatan praktikum yang sebelumya diajarkan bagaimana membuat laporan penelitian. Setelah siswa selesai melakukan praktikum,siswa tidak lupa membersihkan ruangan laboratorium yang telah digunakan. (Barirta JME)

 

*Penulis adalah Siswa kelas XI MIPA 1, Anggota Jurnalistik MAN 4 Banyuwangi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar