Senin, 27 Februari 2023

LOMBA MENULIS KREATIF ASAH KEMAMPUAN LITERASI SISWA

JME - MAMIC 2023. Milad tahun ini, MAN 4 Banyuwangi benar-benar mengadakan banyak sekali lomba. Selain tingkat SMP/MTs se-Banyuwangi, perlombaan antar kelas juga diadakan, salah satunya adalah lomba menulis kreatif. Tema yang digunakan dalam lomba menulis ini adalah "Membranding Madrasah Menjadi Unggul Berkualitas". Waktu pembuatan sampai pengumpulan hasil lomba menulis ini satu bulan lebih, mulai tanggal 16 Januari sampai 20 Februari, siswa perwakilan kelas mendapat waktu yang cukup lama untuk mengembangkan ide-ide mereka.

Tulisan yang telah dikirim oleh peserta, semuanya dapat digunakan untuk referensi madrasah-madrasah agar menjadikannya lebih unggul. Tapi sayangnya hanya diambil tulisan yang terbaik dan sesuai dengan persyaratan. Meskipun seperti itu, patut diacungkan jempol untuk peserta lomba menulis kreatif ini, karena semua tulisan yang dikirim adalah hasil dari pikiran mereka masing-masing. Walaupun ada beberapa peserta yang menjiplak dari sumber-sumber yang ada, tetapi Susanto, S.Pd sebagai juri lomba ini, juga memanfaatkan apliaksi cek plagiat untuk mendeteksi prosentasi plagiasi yang dilakukan. Jadi semua tulisan dari perwakilan kelas dianalisis satu persatu untuk mengetahui mana saja peserta yang menjiplak dari sumber lain.

 Setelah melalui beberapa proses penilaian yang cukup, keputusan dari juri sebagai juara 1 adalah Fitria Dwi Noviana, juara 2 Anggun Rahmania, juara 3 Faizatun Naili Kamalia, juara harapan 1 Cahya Khoirun Nisa, juara harapan 2 Evan Varica, dan juara harapan 3 Khafidatur Rofi'ah. (Barirta JME/Indah JME)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar