Sabtu, 14 Januari 2023

UPGRADE PERPUSTAKAAN BANTU KEMBALIKAN MINAT BACA SISWA

JME - OPINI.  Di era globalisasi saat ini, kita sadar bahwa hampir seluruh remaja di dunia sudah terjajah oleh canggihnya teknologi. Dengan kecanggihan yang semakin pesat ini dapat bertampak buruk jika tidak digunakan dengan semestinya, contohnya remaja pada era ini lebih suka membaca buku via digital. Bukan sebuah masalah besar memang, namun jika seluruh umat manusia lebih memilih membaca buku via digital, maka akan semakin tidak ada nilainya sebuah perpustakaan nantinya.

   

Saat ini kehadiran perpustakaan sangatlah penting terlebih lagi  dilingkungan sekolah. Perpustakaan sangat di butuhkan di lingkungan siswa karena perpustakaan adalah wadah yang sangat berguna untuk menyatukan para siswa yang ingin belajar. Perpustakaan membantu siswa dalam belajar dan memperluas pengetahuan nya. Selain itu, perpustakaan adalah tempat yang tepat saat siswa ingin belajar sendiri atau berkelompok, tidak ada gangguang di perpustakaan, di dalam perpustakaan kita dapat meningkatkan tingkat konservasi kita dalam belajar.  Namun sayang sekali, saat ini masih sering kita dapati bahwa perpustakaan di sekolah jauh dari kata cukup untuk memenuhi kebutuhan seorang pelajar. Mungkin karena itu pula, remaja atau pelajar pada era ini lebih memilih membaca buku via digital karena disana lebih praktis dan juga lengkap.

  Oleh karena itu, sebuah perubahan perlu dilakukan pada perpustakaan sekolah. Penambahan ruang untuk buku-buku terbaru, penataan ulang area baca, dan juga melengkapi buku-buku yang dapat menambah wawasan siswa. Penambahan ruang ini perlu dilakukan karena kita perlu melengkapi perpustakaan dengan buku-buku terbaru maupun buku-buku yang sudah lama namun masih diperlukan oleh siswa untuk belajar.

   Penataan ruang baca ini diperlukan karena dengan disediakan nya tempat khusus untuk siswa membaca ini dapat menambah rasa nyaman siswa saat berada di perpustakaan. Selain itu, perpustakaan juga membantu dalam meningkatkan tingkat konsentrasi kita. Karena perpustakaan adalah  tempat yang membutuhkan kesunyian, siswa dapat belajar atau membaca dalam diam. Kesunyian membuat siswa fokus pada studi mereka agar lebih efisien. Perpustakaan juga memperluas pemikiran siswa dan dapat membuat siswa lebih terbuka terhadap pemikiran modern.

     Yang terpenting, perpustakaan sangat ekonomis bagi para  siswa. Siswa yang tidak mampu membeli buku dapat meminjam secara langsung buku dari perpustakaan sekolah dan dapat dibawa pulang kerumah mereka untuk dipelajari. Dengan meminjam buku di perpustakaan dapat menghemat pengeluaran siswa hal tersebut membuat siswa dengan mudah mendapatkan  informasi secara gratis.

   Singkatnya, perpustakaan adalah tempat yang tepat untuk menimba ilmu. Perpustakaan adalah sumber pembelajaran yang dapat mempromosikan kemajuan pengetahuan. Siswa dapat menikmati waktu luang mereka di perpustakaan dengan membaca dan meneliti. Karena dunia kini telah menjadi dunia penuh dengan digital, sekarang kita juga dapat dengan mudah untuk menelusuri perpustakaan dan mendapatkan apa yang kita cari, namun akan lebih baik jika kita datang langsung ke perpustakaan dan meluangkan waktu kita untuk membaca buku di perpustakaan.

     Mengunjungi perpustakaan bukanlah hal yang salah ataupun hal yang kuno, karena jika bukan kita siapa lagi yang akan datang ke perpustakaan? Oleh karena itu, sebagai seorang siswa yang masih membutuhkan banyak ilmu pengetahuan, kita seharusnya menumbuhkan rasa minat baca kita lebih tinggi dan menjadikan perpustakaan sebagai tempat yang tepat untuk mencari sebuah ilmu baru.

     Menumbuhkan kebiasaan untuk datang ke perpustakaan perlu dilakukan, karena semakin sering kita berkunjung ke suatu tempat maka akan semakin familiar kita terhadap tempat tersebut. Semakin sering kita membaca buku di perpustakaan maka akan semakin tinggi minat baca kita terhadap buku. Jika perpustakaan menjadi tempat yang bisa dinikmati oleh semua kalangan umur dalam membantu mereka mencari informasi baru.

    Dengan demikian perpustakaan akan berperan penting dalam mengurangi penggunaan digital yang berlebih di era sekarang. Sebagai generasi muda, kita tidak boleh menyerah pada perpustakaan hanya karena era digital telah lama menjajah kita. Tidak ada yang bisa menggantikan keaslian dan keandalan yang didapat dari perpustakaan. Perpustakaan harus terus menjadi sumber utama kita disaat kita membutuhkan banyak wawasan baru dan juga ilmu baru. (Nihaya JME)

*Penulis Adalah Anggota JME SIswa Kelas XI MIPA 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar