Rabu, 08 Februari 2023

MENGULIK FAKTA MENARIK DARI EKSTRAKULIKULER PECINTA ALAM

 


JME – Berita. Terdapat banyak sekali ekstrakulikuler menarik di MAN 4 Banyuwangi yang dapat mengembangkan potensi siswa-siswi sesuai bakat dan minatnya. Salah satu ekstrakulikuler yang menarik di MAN 4 Banyuwangi adalah PA atau lebih tepatnya Pecinta Alam. Komunitas pecinta alam ini dibentuk dengan tujuan untuk turut melestarikan alam sebagai wujud kecintaan terhadap alam sekitar atau meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

Pada hari Minggu tanggal 29 Januari 2023 lalu Ekstrakulikuler PA ini mengadakan kegiatan Diklatsar dan Diklatsyal yang mereka selenggarakan di kawasan sekolah MAN 4 Banyuwangi, selain itu mereka juga melakukan pelantikan pengurus baru, seperti pelantikan ketua PA baru yaitu Alwi dari kelas XI Agama.

 Ekstrakulikuler Pecinta Alam ini rutin melakukan latihan setiap hari Senin dengan memberi meteri atau pemahaman tentang Alam saja, untuk latihan panjat tebing dilakukan setiap hari Jum'at dan Minggu.

Salah satu hal yang menarik perhatian belakangan ini yaitu ekstrakulikuler PA ini melakukan kegiatan penanaman pohon Mangrove bersama ditepian pantai Pancer. penanaman Mangrove ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya abrasi dan erosi, selain itu Mangrove juga berperan untuk mengatasi masalah banjir pada kawasan pesisir.

Ekstrakulikuler Pecinta Alam ini telah banyak mencetak prestasi, salah satunya adalah mendapat juara 2 Speed Klasik Pelajar Putri tingkat Kabupaten sebanyak dua kali.

Menurut Fani salah satu anggota Ekstrakulikuler Pecinta Alam, Ekstrakulikuler ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi yang suka menyusuri alam, suka mencoba hal baru dan belajar banyak tentang alam sekitar. Ia juga menuturkan semoga kedepannya banyak siswa-siswi MAN 4 Banyuwangi yang akan tertarik dan ikut serta dalam ekstrakulikuler ini, dan ekstrakulikuler di MAN 4 Banyuwangi bisa lebih berkembang dan membanggakan nama baik sekolah.

*Ditulis oleh Dian Adelia JME Siswa kelas XI IPS 2 Anggota Jurnalistik MAN 4 Banyuwangi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar