Selasa, 17 Januari 2023

LAKUKAN IDENTIFIKASI 21 LARUTAN

MAN 4 Banyuwangi - Kimia. Pada hari senin 16 Januari 2023, seluruh siswa kelas XI MIPA 3 telah melakukan praktik uji coba Asam dan Basa pada 21 jenis larutan berbeda. Tujuan dari uji coba ini adalah untuk melihat sifat asam atau basa pada jenis larutan yang berbeda dengan menggunakan indikator Kertas lakmus dan indikator universal.

 Sebelum melakukan praktik ini, setiap kelompok dari kelas xi mipa 3 perlu menyiapkan beberapa jenis cairan atau larutan. Seperti larutan gula, larutan pupuk urea, air laut, air sawah dan lain-lainnya.

Cara uji coba asam dan basa ini dilakukan dengan cara meneteskan 3-4 tetes larutan diatas pelat tetes yang sudah diberi 2 kertas lakmus berbeda, merah dan biru. Jika kertas lakmus merah berubah warna menjadi biru dan kertas lakmus biru adalah tetap, maka sifat dari larutan tersebut adalah basa. Sebaliknya, jika kertas lakmus biru berubah warna menjadi merah, maka sifat dari larutan tersebut adalah asam. Namun, jika kedua kertas lakmus tersebut tidak berubah warna, dengan demikian larutan tersebut bersifat netral.

Selain belajar cara mengetahui sifat asam dan basa, siswa kelas XI MIPA 3 juga belajar bagaimana cara mengetahui ph dalam suatu larutan. Pengecekan ph ini dilakukan dengan menggunakan indikator universal, cara mengetahui jumlah ph dalam larutan yaitu dengan melihat perubahan warna pada kertas indikator universal dan mencocokkan nya pada tabel ph di indikator universal.(Niha JME)

*Penulis Adalah Anggota Jurnalistik JME MAN 4 Banyuwangi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar